Senin, 05 September 2011

edisi lawas Forsia periode" kisah teladan


Text Box: Kisah Teladan 8-Point Star: 09SHAFIYAH BINTI ABDUL MUTHALIB
Muslimah pertama dalam islam yang menewaskan orang musyrik dengan tangannya dalam peperangan menegakkan agama Allah.”

(kata-kata  ahli sejarah)


Dia perempuan bangsawan yang berpikiran murni dan memiliki karakter tinggi,. Orang-orang pandai menilainya dengan seribu macam penilian. Sebagai perempuan sahabat yang gagah berani, tercatat dalam sejarah islam, dia muslimah pertama yang menewaskan orang musyrik dengan tangannya dalam perang menegakkan agama Allah. Siapakanh srikandi muslimah itu? Dia adalah SHAFIYAH BINTI ABDUL MUTHALIB AL HASYIMIAH AL-QURASIYYAH bibi Muhammad bin Abdulllah bin Abdul Muthalib, Rasullah SAW.
Ada dua peranan beliau yang sangat mulia yaitu sebagai pendekar yang gagah, tetapi juga muslimah yang sabar, berhati teguh dan beriman kuat yaitu dalam perang uhud dan khandak.
Dalam perang uhud, Shafiah turut berperang bersama-sama tentara muslimin, bergabung dalam pasukan para perempuan. Tugasnya mengangkut air, menyediakan anak panah dan memperbaiki busur.
Ketika terjadi peperangan, Shafiah melihat kaum muslimin terdesak hingga terpencar-pencar jauh dari Rasullah SAW. Hanya sedikit jumlah mereka yang tinggal bertahan bersama beliau. Sementara itu, kaum musyrikin menyerbu dengan pesatnya, sehingga hampir tiba ke dekat Rasullah SAW dan mereka hampir membunuh beliau. Secepat kilat Shafiah melemparkan tempat air yang dibawanya, lalu dengan tangkas dia melompat bagaikan singa betina sedang melatih anaknya. Direbutnya pedang seorang muslimin yang lari ketakutan. Kemudian ia maju menyerang barisan musuh yang berada dihadapannya. Dai berteriak kepada kaum muslimin pengecut kalian! Mengapa kalian tinggalkan  Rasullah saw? “katanya.
Kemudian sejarah menulis dihalaman-halaman yang putih bersih, Shafiah binti Abdul Muthalib adalah muslimah pertama dalam islam yang menewaskan orang musyrik dengan tangannya dalam perang fisabillah.
Wahai muslimah coba kita lihat seberapa besar tekat dan keberanian Shafiah binti Abdul Muthalib di jalan dakwah ini. Wahai muslimah sudah berapa besar kontribusi kita dijalan dakwah ini? Coba tanyakan pada diri kita masing-masing.


Basya,Abdurrahman Ra’fat.2002.
kepahlawanan generasi sahabat RasullahSAW .media da’wah:jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar