Selasa, 06 September 2011

periode '78: Tips & Trik --> Buanglah waktu pada tempatnya

Ajaibnya si waktu….waktu disebut yang terpanjang karena ia ukuran peradaban, terpendek karena tak seorang pun mempunyai waktu yang cukup untuk menyelesaikan tugas kehidupnnya. Bagi yang gembira waktu berlalu begitu cepat tapi bagi yang menderita, waktu berlalu begitu lambat. Tidak ada yang dilakukan tanpanya karena waktu adalah satu-satunya pentas kehidupan kita. Ia menelan semua yang tidak berfaedah dan mengekalkan semua yang agung dan bermanfaat bagi manusia.


Islam adalah agama yang sangat memberi perhatian terhadap waktu dalam berbagai versi dengan menggambarkan yang beraneka ragam. Begitu banyak ayat Al-Qur’an dan Hadist yang berbicara mengenai waktu. Diantaranya surat Al_Asr yang berbunyi:Demi masa. Sungguh manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan seta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.( Al-Asr ayat 1-3)
Nah berikut ini ada bekal yang kudu disiapkan dalam merancang waktu:

1.   Rumuskan Tujuan Hidup
Ini merupakan pondasi awal kita dalam melangkah. Kendali waktu ada ditangan kita dan dengan apa kita akan mengisinya, kita juga menentukan. Rencana kelak akan jadi apa, kita juga yang harus yang memutuskan. So…temukan sekarang apa tujuan hidupmu!!!

2.   Rancang Kegiatan
Buatlah rancangan kegiatan dalam skala tahunan, bulanan, mingguan bahkan harian. Catat dalam sebuah buku agenda, rancangan kegiatan yang hendak di lakukan dalam skala harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Sehingga kita tahu target masa depan kita. So… kamu jadi orang yang paling sibuk dan terpenting dalam hidupmu sendiri.
3.   Tentukan Prioritas
Menentukan prioritas bisa kita lakukan dengan mengumpulkan sebanyak mungkin alasan untuk tiap kegiatan. Dalam kehidupan sudah suatu hal yang wajar kalau banyak kegiatan yang pengen kita lakukan tapi kita juga harus ingat dengan apa yang menjadi perioritas utama tujuan hidup kita.
4.   Play the Matrix
Dalam hidup, ada banyak peran yang kita mainkan. Itulah matrix peran kehidupan. Sebagai hamba Allah, sebagai dosen, mahasiswa, karyawan, aktifis dsb. Semuanya menuntut fungsi dan peran yang
berbeda. Jadi, pandai-pandailah memainkannya. Jangan sampai salah mengambil peran karena akan membuang waktu.
5.   Fokus
Tips & Trik
 
Fokus pada suatu hal bukan berarti meniadakan aktifitas yang lain. Aktifitas lain tetap bisa dilakukan namun dengan target yang presentasenya lebih sedikit dan target aktifitas yang menjadi focus.
6.   Buat Agenda
Seminggu ini coba kita rumuskan dalam satu agenda harian sehingga apa yang kita rencanakan bisa berjalan lancar. Kedisiplinan dalam mematuhi agenda menjadi jaminan yang penting. Kalau tidak, wah percuma dounk!!!
Ayo disiplin…..

by: Siti Halifah (Bio 05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar